Rabu, 02 Desember 2015

CONTOH ANGKET PENELITIAN PENDIDIKAN

KUESIONER (ANGKET)
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE POINT COUNTERPOINT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI
DI SMA BUDHI LUHUR PEKANBARU
A.    Petunjuk Umum
penelitian ini dilaksanakan untuk melihat pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe point counterpoint terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Strategi pembelajaran point counterpoint yaitu pembelajaran  dengan debat pendapat. Angket ini hanya mempertayakan tentang strategi pembelajaran point counterpoint yang telah diterapkan oleh guru pada mata pelajaran ekonomi.
Sebelum siswa/i yang bersangkutan mengisi angket ini, dimohon untuk memahami petunjuk pengisian terlebih dahulu. Jawaban dari siswa/i merupakan sumbangan yang berharga bagi penelitian ini. Angket ini disusun semata-mata hanya untuk penelitian ilmiah dan tidak akan berpengaruh pada siswa/i sekalian.           
B.     Petunjuk Khusus
a.       Kepada seluruh siswa/i bacalah pertanyaan yang ada secara teliti
b.      Berilah jawaban pernyataan berikut dengan memberi centang ( V ) pada kolom yang tersedia dengan pendapat saudara.
Keterangan:                     
SL    =  Selalu
SR    =  Sering
KD   =  Kadang-kadang
JR    =   Jarang
TP    =  Tidak pernah

C.      IDENTITAS RESPONDEN
Nama   :
Kelas   :
Angket Strategi pembelajaran Point Counterpoint
No
Pernyataan
Jawaban
SL
SR
KD
JR
TP
1
Guru anda menyampaikan isu-isu atau topik permasalahan yang berhubungan dengan materi pelajaran





2
Guru anda membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi sebelum melaksanakan pembelajaran





3
Guru anda memberikan setiap kelompok sudut pandang yang akan dibahas





4
 Guru meminta untuk menyiapkan pendapat atau argumen





5
 Guru anda mengumpulkan setiap siswa dengan catatan





6
 Guru anda meminta untuk duduk berdekatan dengan teman-teman satu kelompok





7
 Guru anda meminta untuk berdebat





8
 Guru anda  mempersilakan kelompok mana saja yang bersedia memulai duluan





 9
Guru anda meminta anda untuk menyampaikan argumen (pendapat) dengan pandangan yang telah diwakili kelompok





10
Guru anda meminta untuk memberi tanggapan, bantahan tau koreksi dari kelompok lain perihal isu yang sama





11
Setiap melakukan seluruh proses pembelajaran ini tepat pada waktu yang ditentukan





12
Guru anda memberikan batasan waktu saat berdebat





13
Guru anda meminta untuk merangkum debat







Angket Aktivitas Belajar Siswa
No
Pernyataan
Jawaban
SL
SR
KD
JR
TP
1
Saya membaca materi buku yang berkaitan dengan materi ekonomi





2
Saya memperhatikan guru menyampaikan materi pelajaran





3
Saya mengajukan pertanyaan kepada guru perihal materi pelajaran yang belum dipahami





4
Saya mengajukan pertanyaan kepada rekan kelompok perihal materi pelajaran yang belum dipahami





5
Saya mengomentari atau memberikan pendapat kepada guru





6
Saya mengomentari atau memberikan pendapat terhadap kepada siswa lain





7
Saya mendengarkan uraian materi pelajaran dari guru





8
Saya mendengarkan pendapat dari siswa lain





9
Saya mencatat hal-hal yang penting dalam proses pembelajaran





10
Saya memecahkan soal yang diberikan oleh guru





11
Saya membuat kesimpulan dari materi pelajaran yang disajikan oleh guru





12
Saya tidak merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung





13
Saya tenang selama proses pembelajaran berlangsung








Tidak ada komentar:

Posting Komentar